Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

Friday 5 July 2019

DO'AKAN KAMI, SAHABAT !

'Mohon do'a do'a  nya ya dok.....'
Ucapan yang amat mengharukan dari istri sahabatku masih terngiang ngiang di telingaku saat aku meninggalkan rumah sakit tempat sahabatku itu dirawat.

Dia kembali didera penyakit yang membuatnya harus masuk ke rumah sakit. Dokter yang merawat menginstruksikannya untuk beristirahat total selama beberapa bulan dan melarangnya untuk melakukan aktivitas apapun.

Tentu saja, keadaan seperti ini terasa sangat pedih dan menyakitkan.
Aku dapat merasakan penderitaan yang akan dihadapinya, yang aku tidak mungkin sanggup memikulnya, bahkan sekalipun hanya sekedar untuk membayangkannya.  

Bukan saja penderitaan fisik, namun  lebih dari itu.
Sebagai hamba Tuhan yang telah beriktikad untuk menjalani profesi dokter sebagai jalan hidup kami, maka memberikan pelayanan buat orang orang yang membutuhkan pertolongan telah menjadi 'ruh dan semangat' yang membuat hidup kami terasa lebih bermakna.

Namun, kini rekan sejawatku itu hanya bisa terbaring lemah di tempat tidur. Dia tidak lagi bisa memeriksa dan mengobati pasien pasiennya yang datang berobat ke poliklinik ataupun tidak lagi bisa melakukan operasi di kamar operasi.

Kuambil telepon genggamku dan kuketikkan sesuatu yang membesarkan hatiku. 'Hatiku....!, bukan hatinya !.

'Kawan, seandainya kamu tahu bahwa kamu sedang dalam proses dimuliakan karena sakitmu. Tidak semua manusia paham bagaimana kasihnya Tuhan berlaku. Betapa Tuhan sayang padamu dengan memberikan penderitaan untuk membersihkan dosa-dosamu'

Rasanya tak mampu aku meneruskan kata kataku untuk menyempurnakan tulisanku........

Guruku mengajarkan bahwa setiap kesulitan,sakit dan kemiskinan sesungguhnya adalah bagian dari proses pencucian dosa yang telah mereka buat di dunia ini. Karena itu, pastilah mereka menyambut gembira proses itu, bukan malah bersedih apalagi meratap.

Karena, kebahagiaan apalagi yang lebih indah ketimbang mendapatkan kesempatan untuk mengikis dosa dosa yang sudah berkarat ini ?. Apa yang kita dapatkan sekarang akan meringankan semua siksa kita di alam kubur nanti.

Sampai pada satu waktu, di mana kita berada dalam persidangan Tuhan, maka kita yang pernah mengalami proses pencucian dosa yang panjang akan menghadapNya dalam kondisi yang bersih dan suci.

Lalu, siapakah yang pantas untuk didoakan ?.
Aku yang kotor dan belum mendapatkan kesempatan untuk membersihkan dosa dosaku ataukah kamu, Sahabatku  yang saat ini sedang disucikan dari semua dosamu ?

Kukirim pesan itu dan kulihat tanda, ia menerimanya. 
Aku tahu ia pasti mengira aku sedang menghiburnya.
Aku tidak sedang mengiburnya, aku sedang meratapi nasibku sendiri. Semoga Tuhan melimpahkan kemuliaan atasnya dan atas kita semua.

Sejenak aku terdiam, tidak lama kemudian sebuah pesan menghampiri ponselku. Dari dia, dari sahabatku yang sedang dimuliakan Tuhan.

'Terima kasih. Baru kali ini aku memperoleh pandangan berbeda tentang sakitku. Kamu membuat aku menikmati apa yang kualami sekarang. Terimakasih. Mudah-mudahan aku bisa membalas semuanya'

Kali ini, airmataku yang menggenang awalnya dan kutahan dalam dada, deras mengalir dan jatuh dalam bentuk tetesan kebahagiaan. Aku ,dengan perasaan bahagia, juga membalas pesannya.

'Doakan kami, sahabatku yang sedang dimuliakan. Doamu adalah doa yang paling mustajab saat ini' (*)

Kubayangkan wajahnya yang tampak berseri seri saat aku datang menjenguknya.
Seakan akan disana ia menjawab, 'Aku mendo'akan kalian, kawan........"

-dr.Riki Tsan,SpM-

*(inspired and adapted partly from Denny's article)