Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

Monday 13 January 2020

'EFEK SAMPING' BERBUAT BAIK

by dr.Riki Tsan,SpM


Di dalam bukunya, The Five Side Effects of Kindness, David R Hamilton, PhD - berdasarkan hasil penelitian ilmiah - menyebutkan ada 5 "efek samping" dari perbuatan baik yang kita lakukan.

PertamaKindness Makes Us Happier - Perbuatan baik membuat kita merasa lebih bahagia.

Secara biokimiawi, perasaan senang ini muncul karena meningkatnya zat kimia otak semacam morfin dan heroin alamiah, yang dikenal dengan endogenous opioids
Zat zat ini kemudian memicu peningkatan hormon dopamin dan menimbulkan perasaan bahagia.


KeduaKindness is Good for The Heart - Perbuatan baik bagus buat jantung.


Perbuatan baik selalu berkaitan dengan kehangatan emosi (emotional warmth) . Rupanya, kehangatan emosi ini akan merangsang produksi hormon oksitosin di otak yang selanjutnya dialirkan ke seluruh tubuh.

Hormon oksitosin akan menyebabkan pelepasan sebuah zat kimia yang disebut dengan Oksida Nitrik (Nitric Oxide) yang bekerja melebarkan pembuluh darah sehingga dapat menurunkan tekanan darah. 


Menurunnya tekanan darah ini akan dapat melindungi organ jantung  atau yang lazim kita kenal dengan cardioprotective.

Karena itulah  perbuatan baik - yang memicu hormon oksitosin- dapat kita sebut semacam kardioprotektif.

KetigaKindness Slows Ageing - Perbuatan baik memperlambat penuaan.

Proses penuaan tubuh merupakan kombinasi dari banyak faktor. Namun, ada 2 faktor yang memainkan peranan penting yakni inflamasi dan radikal bebas (free radicals).

Lagi lagi oksitosin diyakni dapat menurunkan kadar radikal bebas dan inflamasi di dalam tubuh kita sehingga dapat memperlambat proses penuaan.

Berbagai jurnal ilmiah telah menerbitkan penelitian ilmiah yang membuktikan hubungan antara perasaan simpati atau kasih sayang kepada orang lain dengan penguatan peranan nervus vagus (vagus nerve) dalam mengatur denyut jantung, serta mengontrol kadar inflamasi di dalam tubuh kita.

KeempatKindness Improves Relationship - Perbuatan baik  memperbaiki hubungan antar sesama.


David R Hamilton mencatat bahwa perbuatan baik mengurangi kesenjangan emosional (emotional distance) diantara orang orang sehingga mereka merasa terikat satu sama lain. 
Saling keterikatan karena perbuatan baik itu bersifat genetis.

KelimaKindness is Contagious - Perbuatan baik akan menular.


Beberapa penelitian memperlihatkan, perbuatan baik yang kita lakukan akan memunculkan sebuah fenomena yang disebut dengan Ripple Effect atau Efek Riak, persis seperti sebutir batu yang dilemparkan ke tengah air kolam yang kemudian akan menimbulkan riak riak air ke berbagai arah.

Perbuatan baik yang kita lakukan - tulis David R Hamilton - akan menginspirasi orang orang untuk melakukan perbuatan yang sama.

Jadi, jika ada pertanyaan :


Apakah anda ingin hidup lebih bahagia dengan jantung yang tetap sehat, usia yang lebih panjang, tidak cepat tua serta senantiasa memiliki hubungan yang baik dengan orang lain ?.


David R Hamilton akan menjawab : berbuat baiklah kepada sesama !. 

Tuhan berfirman, 'Berlomba lombalah kalian dalam berbuat kebaikan (fastabiqul khairat)'.

Ikut sertalah dalam berbagai kegiatan bakti sosial....!

Salam